Selasa, 09 Februari 2016

10 Ciri Yang Dimiliki Sahabat Sejati

sifat sahabat sejati
pixabay.com
10 Ciri SAHABAT SEJATI, Setiap orang bersosialisasi setiap harinya, sosialisasi  yang terjadi dapat antara keluarga ataupun dengan orang lain baik di dalam lingkungan masyarakat, keluarga, ataupun di lingkungan sekolah. Dengan bersosialisasi pastilah kita akan mendapatkan banyak teman, tetapi ada juga yang menjadi sahabat dekat kita. Sahabat adalah orang yang selalu ada untuk anda dan selalu memberikan semangat untuk kita apbila kita melakukan sesuatu yang memang di anggap penting bagi diri kita . Bagi anda yang sudah memiliki sahabat pastilah anda menjadi orang yang beruntung terlebih lagi jika anda hidup di kota  karena mencari seorang sahabat di dunia ini sangatlah sulit terutama di kota besar yang kebanyakan orangnya individual dan mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain.

Walaupun demikian orang yang sangat dekat dengan kita pun belum tentu adalah sahabat kita karena bisa saja orang tersebut menusuk kita dari belakang ataupun seorang penjilat yang ingin memanfaatkan kita sebagai alat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan sepertib contoh Kekuasaan, Memanfaatkan Kepintaran, Memanfaatkan Keahlian dan bahkan ada pula orang yang menjadi teman dekat hanya untuk mengambil pasangan dari temannya.

Karena itu anda juga perlu waspada terhadap orang yang sangat dekat bagi anda, apakah mereka mamang ingin menjadi sahabat anda atapun mereka hanya ingin memanfaatkan diri anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Berikut ini 10 Sifat Seorang Sahabat Sejati :

1.       Selalu Ada Untuk Anda


Bila anda memiliki teman dekat pastilah anda akan selalu bersama dengan dirinya baik dalam suka maupun dalam duka, sahabat tidak akan meninggalkan sahabatnya di saat temannya sedang berada dalam sebuah masalah dan butuh teman untuk menghadapi masalah tersebut.  Seorang sahabat pastilah selalu ada untuk sahabatnya, walaupun ia sesibuk apapun ia pasti akan menyempatkan waktu untuk sahabatnya. Jika memang  kesibukannya saat itu sedang menumpuk pastilah ia akan memikirkan masalah anda dan membantu anda menyelesaikan masalah itu walaupun tidak pada saat itu.

Bila anda memiliki teman yang hanya ada dalam keadaan anda sedang diatas ( senang ) maka dapat dipastikan orang tersebut hanyalah seorang penjilat yang ingin memanfaatkan anda untuk kepentingan dirinya. Sebaiknya anda cepat – cepat menjauhi orang tersebut karena apabila anda kembali ke kejayaan anda maka dia akan kembali lagi seolah – olah  dia tidak pernah meninggalkan anda ketika anda sedang dalam masa sulit.

Perlu anda tanamkan pada diri anda bahwa “ Seorang Sahabat Adalah Orang Yang Pertama Mendukung Anda Dalam Segala Hal Dan Selalu Ada Untuk Anda“

2.       Penyemangat Anda


Pernahkah anda ketika ingin melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan seperti melakukan tes, menyatakan cinta ataupun hal lainnya pastilah ada rasa takut akan gagal bila sedang melakukan itu, memang itu adalah sesuatu yang wajar terjadi dan seorang sahabat pastilah akan menjadi seorang yang selalu menyemangati temannnya ketikan temannya tersebut ingin melakukan sesuatu yang dirasa penting baginya .

Yakinlah bila memang ia seorang sahabat anda pastilah ia akan mencari cara untuk mengeguhkan pendirian anda, membuat anda semangat dan berani melakukan itu.  Mereka pastinya sudah tahu cara bahwa anda pada saat itu sedang bimbang atau bingung untuk melakukan hal tesebut dan mereka pun tahu cara untuk membuat anda menjadi semangat serta berani melakukannya.

3.       Dapat Menjaga Rahasia Anda


Menjaga rahasia adalah sesuatu yang sangat sulit bagi orang yang banya bicara dan selalu terbuka dalam setiap hal,  tidak semua orang dapat kita percayai untuk menjaga rahasia kita karena dengan terbukanya sebuah rahasia tersebut kita bisa menjadi bahan olok-olok ,  membuat malu , menurunkan derajat kita dan lainnya. Orang yang biasa diberikan amanat untuk menjaga rahasia adalah keluarga kita sendiri, tetapi banyak juga remaja seakarang ini mencurahkan isi hatinya dan membicarakan semua rahasianya kepada banyak orang.

Bila anda memiliki sebuah kelu kesah ataupun sebuah unek –unek maka anda sebaiknya menyampaikan itu tidak ke sembarang orang karena kita tidak begitu tahu apakah orang tersebut dapat dipercaya ataupun tidak. Salah satu orang yang dapat anda percayai untuk menjaga rahasia anda adalah seorang sahabat yang selalu menjaga segala rahasia anda dan selalu memberikan saran atas segala masalah anda.

Sahabat tidak mungkin membeberkan rahasia sahabatnya sendiri, ia akan selalu menjaga rahasia tersebut hanya untuk dirinya sendiri tanpa memberi tahukan rahasia  tersebut kepada orang lain. Karena itulah seorang sahabat sejati menjadi orang yang dapat kita percaya untuk menjadi penjaga rahasia kita.

4.       Tidak Perhitungan


Setiap orang pasti memiliki sifat yang berbeda – beda ada yang loyal ada pula yang pelit ( perhitungan ) , sifat perhitungan ataupun pelit tersebut sangatlah tidak baik karena mereka melakukan apapun harus mendapatkan keuntungan dan tidak mau mendapatkan sebuah kerugian bila melakukan apapun. Orang dengan sifat tersebut sepertinya tidak cocok untuk dijadikan seorang sahabat karena seorang sahabat pastilah akan memberkan apapun semampu dia ( loyal ) kepada sahabatnya sendiri.

walaupun hanya membeli sebungkus nasi pastilah ia akan membaginya kepada sahabatnya itu. Sikap loyal seorang sahabat juga dapat berlaku apabila kita sedang dalam keadaan dibawah dan ditinggalkan orang lain seperti yang dibicarakan di point pertama sahabat sejati akan selalu ada untuk kita walaupun dalam keadaan kita  saat ini.

5.       Memilihkan yang terbaik bagi anda


Dalam memilih sesuatu pastilah anda akan merasakan sebuah kebimbangan, kebimbangan adalah sesuatu yang sering terjadi apabila kita sedang memilih sesuatu yang akan menentukan kehidupan kita kelak nantinya. Di saat seperti itu pastilah kita akan meminta saran kepada keluarga dan orang terdekat kita agar didapatkan sesuatu yang terbaik bagi diri kita nantinya,  dengan pemberian saran dan nasihat dari orang tersebut maka pasti kita akan yakin terhadap pilihan tersebut.

Pilihan seorang sahabat pastilah akan sama dengan pilihan dari keluarga kita karena pilihan dari keluarga pastilah yang terbaik bagi kita begitu juga halnya seorang sahabat yang pasti memilihkan sesuatu yang terbaik bagi kita dan tidak akan mungkin menunjukkan sebuah jalan yang buruk terhadap sahabatnya sendiri.

6.       Mengetrahui sifat anda seacara mendalam


Sahabat pastilah mengetahui sifat dari temannya secara mendalam dan pasti tahu apa yang disukai dan apapula yang tidak disukai oleh temannya tersebut, segala mengenai sahabatnya pastilah ia mengetahuinya. Bila sahabatnya memiliki sebuah masalah pastilah sang sahabat akan tahu walaupun tidak diberi tahu terlebih dahulu oleh temannya.

Mengetahui sifat anda secara mendalam merupakan sifat yang pasti dimiliki oleh seorang sahabat karena mereka selalu melakukan segala sesuatu bersama –sama dengan  anda. Semua orang pun pastilah akan tahu sifat orang lain apabila sudah sering melakukan sesuatu secara bersama, kebersamaan bersama sahabat pasti akan menguak sifat dari kita tanpa kita sadari sehingga sahabat kita pasti mengetahui segala sifat kita.

7.        Tidak Mementingkan Diri Sendiri

Seorang sahabat pastilah tidak akan mementingkan diri sendiri tetapi mementingkan keberhasilan bersama, dia tidak akan meninggalkan temannya yang kesulitan dan pasti akan membantu kesulitan temannya tersebut semampu dirinya . mereka akan berusaha agar temannya menjadi orang yang berhasil walaupun sahabatnya tersebut hanya akan menjadi sebuah pendorong dari belakan dan mungkin akan ditinggalkan oleh dirinya.

8.       Membawa Sifat Positif


Membawa sifat positif berarti teman anda membawa anda kepada kebaikan dan tidak menjerumuskan anda kepada sebuah keburukan, bila anda memiliki teman yang membawa anda kepada sebuah keburukan tetapi berkata bahwa dia adalah teman terbaik anda maka orang teresebut adalah seorang penjilat yang  hanya membuat anda menjadi seorang yang buruk dan dapat mudah ia kendalikan.

Seorang teman sejati pastilah akan memberikan sifat positif kepada anda seperti rajin beribadah dan lainnya. Hal tersebut berarti sahabat anda sangat ingin menjadikan anda menjadi orang yang baik dan selalu menjadi yang terbaik bagi semua orang.

9.       Pendengar Yang Baik


Setiap ada masalah pastilah kita akan menceritakan semuanya agar masalah tersebut cepat selesai. Tetapi banyak orang yang hanya menjadi pendengar setia tetapi tidak menjadi pendengar yang baik bagi  setiap orang. Apa beda pendengar setia dan pendengar yang baik ? pendengar setia adalah orang yang mendengarkan segala yang anda bicarakan tetapi belum tentu mencerna dan memberikan saran kepada anda apabila setelah mendengarkan cerita tersebut.

 sedangkan apabila anda menjadi teman yang baik maka akan mendengarkan cerita anda dengan baik kemudian akan mencerna cerita tersebut dan setelah itu akan memberikan sebuah saran yang terbaik bagi anda.  Sahabat selalu memberikan saran terbaik bagi anda dan tidak akan pernah memberikan saran secara asal – asalan karena rasa sayang yang dimilikinya terhadap anda.

10.   Tulus


Tulus, setiap orang yang memiliki hati yang tulus dalam dirinya pasti orang yang berhati baik karena setiap apa yang ia lakukan diniatkan dari hati tanpa ada keinginan untuk mendapatkan apapun dari orang lain. Apabila sahabat anda menginginkan sesuatu dari anda ( tidak tulus ) bersahabat dengan anda sebaiknya anda menjauhinya karena mereka hanya akan menjadi penjilat yang akan selalu menempel pada anda dna memanfaatkan anda. Ketulusan dari hati seorang sahabat pastilah tidak memandang apapun dan itu berdasarkan kesenangan mereka yang selalu bersama, tak peduli orang ingin berkata apa mengenai mereka.  

Sekian artikel kali ini semoga dapat memberikan informasi dan manfaat bagi kita, semoga kita mmeiliki teman sejati yang memiliki kesempurnaan dan dapat menutupi kekurangan kita sehingga dapat membuat kita berhasil bersama dengan mereka. Tetapi kita juga harus menjadi sahabat yang baik yang dapat menutupi kekurangan dari teman kita dan menuntunnya ke jalan yang benar.
Bila anda ingikn mencopy artikel ini saya persilahkan tetapi dengan syarat anda harus menempatkan link aktif di dalam artikel tersebut karena hanya hal sederhana itulah yang dapat membuat saya menjadi lebih bersemangat memberikan informasi menarik lainnya. Terima kasih

8 komentar

cocok bang,,,g jauh.2 dr itu semua...
sahabat sejati susah bngt dapetnya,,kdng sahabat bs baik kl msh slng mmbthkan,n mngntngkan...

byt dedi mekanikmitsubishi

Sekarang jarang2 gan dapet sahabat kayak kriteria diatas

Ane banget ituumah *kabooor :'D

buat saya temen sejati itu yang ngerti keadaan dan gak mentingin diri sendiri
tapi susah nyari nya
karena tiap orang berbeda
jika pengen menemukan nya dimulai dari diri kita dulu ke orang lain kaya gimana ?

belum menemukan yang spt itu ehhe

iya seperti itu tapi belum menemukan yang seperti itu paling juga temen butuh aja...

bener banget gan, dan semua itu susah buat ditemuin :')

tidak perlu banyak teman jika hanya bnyak penjilat yang penting sahabat yg sejati


EmoticonEmoticon