Selasa, 07 Juni 2016

Fakta Unik Bulan Ramadhan Di Indonesia

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia, puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib bagi umat islam karena masuk ke dalam rukun islam sehingga tidak diperbolehkan bagi umat islam tidak mengerjakan puasa di bulan ramadhan.

walaupun diperbolehkan tidak berpuasa bila kita dalam keadaan yang sakit (bukan sakit ringan) atau PMS bagi wanita.

Datangnya bulan ramadhan sangat ditunggu di seluruh dunia karena sangat banyak berkah yang diturunkan pada bulan itu.

Mulai dari pahala yang ditingkatkan dibanding bulan lain, diturunkannya Al-Qur’an, ditutupnya pintu neraka dan diikat para setan bahkan jika anda tidur dalam keadaan berpuasa anda akan mendapatkan pahala.

Sebagai salah satu Negara yang memiliki warga mayoritas muslim terbesar di dunia pastilah warga Indonesia pun sangat senang dengan datangnya bulan ramadhan ini.

Datangnya bulan ramadhan disambut dengan suka cita dan kegembiraan, yang diungkapkan dengan berbagai cara seperti membersihkan pakaian muslim, membersihkan mushola, meningkatkan ibadah dll.

bahkan Warga Indonesia pun memiliki banyak fakta unik puasa bahkan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan di saat bulan ramadhan.

apa saja hal unik yang sering dilakukan orang islam ketika bulan ramadhan, langsung saja kita bahas di bawah ini.
1.       Penjual buah semakin banyak
Fakta Unik Bulan Ramadhan Di Indonesia

Buah merupakan makanan alami yang berasal dari tumbuhan yang dapat di konsumsi, buah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi manusia sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah setiap harinya.

Manfaat yang diberikan oleh buah ini karena kandungan kalium, protein, vitamin yang lengkap. Sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh kita dan menyehatkan tubuh apabila sedang terserang penyakit.

Berbagai macam buah dapat kita temui di Indonesia mulai dari jeruk, mangga, pisang, nangka bahkan strawberry. Tetapi walaupun begitu penjual buah pada bulan biasa tidak begitu banyak dan hanya terpusat pada pasar dan supermarket saja.

Tetapi pada saat bulan ramadhan maka akan terjadi peningkatan jumlah penjual buahan dan penyebarannya pun tidak hanya di pasar dan supermarket saja.

Karena Pada saat bulan ramadhan orang islam biasanya akan berbuka puasa dengan buah-buahan segar terlebih dahulu, ini dilakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh kembali setelah seharian berpuasa,  bahkan Rasullullah SAW menganjurkan  kita untuk berbuka puasa dengan kurma.

Para pedagang / warga  melihat ada peluang untuk mendapatkan untung yang banyak apabila menjual buah ketika bulan ramadhan, sehingga membuat banyaknya orang yang berdagang buah.

Hampir di setiap tempat pada saat bulan ramadhan terdapat penjual buah tidak hanya di pasar penjual buah ada di pinggir jalan, di perkampungan dll.

Banyaknya pedagang buah sebanding dengan konsumsi warga terhadap buah pada saat bulan ramadhan yang meningkat sangat pesat. 
2.       Buka bersama di café
Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia

Anak jaman sekarang pastinya tidak asing lagi dengan cafe, tempat nongkrong anak muda ini sangat digemari karena mereka merasa sangat nyaman, banyak teman, merasa gaul bila di café dan pastinya ada WIFI gratis. Itu yang terpenting.

Momen puasa ini menjadi salah satu momen yang digunakan untuk berkumpul dengan teman lama, keluarga, bahkan pacar.

Karena café merupakan tempat yang mudah ditemui  maka café merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagai tempat buka berasama dan jangan heran apabila anda ingin buka bersama tetapi tempat yang anda inginkan sudah penuh karena pasti banyak orang yang sudah memesan tempat sebelumnya untuk melakukan buka bersama.

Jadi jika anda berencana untuk melakukan buka bersama sebaiknya anda memesan dahulu tempat agar tidak kedahuluan orang lain yang dapat membuat rencana anda gagal total atau anda juga dapat buka bersama di salah satu rumah teman anda.
3.       Bermain petasan
Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia

Petasan merupakan salah satu benda yang memiliki daya ledak rendah, biasanya petasan dinyalakan pada perkawinan, perayaan tahun baru dll. Petasan berasal dari bubuk peledak yang dikemas di dalam berlapis – lapis kertas dan biasanya diberi sumbu.

Diperkirakan petasan pertama kali ditemukan di tiongkok pada abad ke-9, kemudian petasan sampai ke Indonesia yang dibawa orang tiongkok. orang betawi pun mengikuti kebiasaan orang tiongkok yang menyalakan petasan pada perayaan, hingga saat ini tradisi pernikahan di betawi masih menggunakan petasan untuk memeriahkannya.

Di Indonesia sendiri anak kecil biasa menggunakan petasan sebagai permainan, walaupun sebenarnya hal tersebut dilarang karena dapat mengganggu masyarakat setempat dan membahayakan mereka tetapi hal tersebut masih sangat digemari oleh anak-anak.

Pada bulan ramadhan biasanya anak kecil semakin banyak yang bermain petasan, biasanya mereka bermain petasan  untuk mengisi waktu luang agar tidak terasa sedang berpuasa.

Tetapi walaupun mengisi waktu luang mereka bermain petasan sebenarnya berbahaya bagi anak – anak, hamper setiap tahunnya ada korban akibat akibat bermain petasan dan bagi orang tua sebaiknya melarang ataupun memperhatikan ketika anak bermain petasan.
4.       penjual ta’jil dimana-mana

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia
takjil merupakan makanan/ minuman yang dikonsumsi untuk menyegarkan kembali tubuh setelah berpuasa, ta’jil biasanya adalah makanan ringan berupa buahan ataupun makanan khas lainnya.

Biasanya orang bingung makanan apa yang ingin dikonsumsi untuk berbuka puasa nantinya terutama anak kost, dengan adanya peluang maka pedagang ta’jil pun menjamur dimana – mana.

Bahkan dibeberapa tempat para penjual ta’jil ini dapat mengakibatkan kemacetan karena banyaknya penjual takjil selain itu pembelinya pun sangat banya dan biasanya terpusat di pasar.

Selain keuntungan uang yang didapat oleh para pedagang konsumen juga diuntungkan karena dapat dengan mudah mencari makanan yang hanya dapat ditemukan pada bulan ramadhan.
5.       Tradisi Bubur sabilal
Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia

Siapa yang tidak pernah makan bubur ? pasti semua pasti sudah pernah makan makanan yang terbuat dari beras ini, tetapi beda halnya dengan bubur Sabilal.

Bubur satu ini hanya dapat kita temukan pada saat bulan ramadhan tepatnya di Masjid RayaSabilal Muhtadin,Banjarmasin .

Setiap harinya ada 1000 mangkok bubur yang akan dibagikan kepada jamaah Masjid Raya Sabilal dengan anggaran sekitar Rp 6 Jt setiap harinya untuk membuat bubur tersebut, orang yang membuat bubur tersebut pun hanya satu orang dan setiap tahunnya membuat bubur setiap bulan ramadhan di Masjid Raya Sabilal  ini .
6.       Bangunin Sahur

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia
Pada saat berpuasa salah satu hal yang sangat sulit bagi banyak orang adalah bangun sahur, kebanyakan orang susah untuk bangun hingga tidak sempat untuk sahur kaeran sudah pagi.

Tetapi di Indonesia ada tradisi yang mungkin menjadi salah satu TRADISI UNIK DI DUNIA hal ini sering dilaukan ketika waktu sahur, anak – anak atau remaja biasanya akan begadang bersama teman mereka untuk membangunkan sahur pada malam harinya.

Dengan peralatan seadanya seperti ember, gallon, botol dll anak – anak ini membangunkan warga untuk sahur. Dengan membangunkan sahur anak – anak ini biasanya akan merasa senang karena dapat berkumpul dengan teman – temannya.
7.       Ngabuburit
Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia

Ketika berpuasa orang biasanya akan merasa bosan karena waktu yang terasa sangat lama dengan perut yang lapar dan haus maka sangat membosankan bila tidak melakukan apa – apa, hal tersebut dapat membuat orang menjadi stress dengan lama waktu dan apabila mereka ingin melakukan sesuatu mereka takut semakin lapar dan hauh sehingga dapat membatalkan puasa.

Salah satu cara untuk menghabiskan waktu ketika berpuasa adalah ngabuburit, biasanya dilakukatnyn dengan jalan – jalan, kumpul dengan teman atau pacar.

Setiap tahun hal ini pasti banyak dilakukan banyak orang karena waktu yang berlalu tidak akan terasa.
8.       Acara Tv Ceramah Semua

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia
Televise merupakan salah satu sarana informasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan menonton Tv.

Acara di Tv pun sangat beragam bila di bulan – bulan biasa tetapi tidak halnya di saat bulan Ramadhan, hamper seluruh stasiun televise akan serentak mengubah susunan acaranya, terutama pada saat mendekati waktu berbuka maka acara televise akan dipenuhi dengan acara Ceramah.
9.       Ziarah Ke Makam

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia
Berziarah ke makan sangat dianjurkan bagi umat islam karena dengan berziarah ke makan maka akan mengingatkan mereka dengan kematian yang pasti akan dating dan tempat yang akan menjadi tempat terakhir mereka di dunia adalah di kuburan atau di tanah yang tidak ada bedanya antara si kaya dan si miskin, pejabat dan buruh.

Selain mengingatkan kita dengan kematian berziarah ke makam dapat membuat orang mengingat orang terdekat  mereka terutama keluarga, pada saat mendekati bulan ramadhan maka banyak keluarga yang mengunjungi makam keluarga ataupun makan para ulama untuk menghormati mereka. Selain mendekati bulan ramadhan hal tersebut juga dilakukan ketika menjelang lebaran.
10.   Masjid Menjadi Ramai Di Minggu Pertama

Fakta Unik Bulan Puasa Di Indonesia
Pada minggu pertama semua masjid pasti akan menjadi ramai oleh para jamaah masjid bahkan anda mungkin akan kesulitan mendapatkan tempat ketika ingin melaksanakan salat di masjid, tetapi disayangkan setelah minggu pertama biasanya jamaah masjid biasanya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Mungkin mulai dari sekarang warga Indonesia sebaiknya menanamkan pada dirinya untuk selalu beribadah di masjid dan salat tarawih hanya dapat di lakukan pada bulan ramdhan yang dating setahun sekali dan belum tentu apakah kita dapat bertemu dengan bulan ramadhan pada tahun berikutnya.


Sekian aritkel kali ini memang semua hal tersebut sudah sangat sering di lakukan di Indonesia dan bahkan sudah menjadi sebuah tradisi. Banyak dari hal tersebut membawa manfaat bagi diri kita tetapi sebagian lagi merupakan hal buruk yang seharusnya kita hilangkan atau hindari agar amal yang kita dapat di bulan ramadhan ini menjadi sempurna.


EmoticonEmoticon