Jumat, 28 Juni 2019

10 POHON PALING POPULER DAN UNIK DI SELURUH DUNIA

                  Dunia ini memiliki banyak sekali jenis makhluk hidup, mulai dari hewan, manusia dan tumbuhan. Berdasarkan hal tersebut berarti manusia bukan satu – satunya makhluk hidup dan berhak atas segala hal di bumi ini. Banyak sekali hewan dan tumbuhan yang mati dan punah karena ulah tangan manusia seperti contohnya pohon paling terpencil di Sahara bernama Arbre du Ténéré yang dirusak dan dirobohkan menggunakan truk oleh seorang pengemudi mabuk Libya pada tahun 1973. Selain itu karena umurnya yang sudah tua banyak tumbuhan besar habis dimakan oleh zaman maupun oleh cuaca seperti Pada Agustus 2017, saat badai dan angin kencang membuat tumbang pohon terkenal Anne Frank di Amsterdam.
 
Untungnya masih banyak pohon unik dan menarik lainnya yang hidup di luar sana dan berikut ini :
 

1.    General Sherman


pohon raksasa general sherman
source : 10mosttoday
               General Sherman merupakan pohon raksasa yang berada di hutan raksasa di Taman Nasional Sequoia California, pohon General Sherman ini terkenal karena merupakan pohon terbesar di dunia berdasarkan ukuran volumenya.
 
                   Perlu anda ketahui 5 dari 10 pohon terbesar di planet ini terdapat di hutan ini dan pohon terbesar diantara yang lainnya adalah pohon General Sherman ini yang memiliki tinggi sekitar 83,8 meter dan diameter 7,7 meter dengan umur sekitar 2.300 hingga 2.700 tahun.
 

2.    Arbor del tule


POHON UNIK ARBOR DEL TULE
sumber : 10mosttoday
               Arobor del Tule adalah pohon yang berada di Oaxaca Negara bagian Meksiko. Pohon Arobor del Tule merupakan pohon dengan batang paling besar di bandingkan pohon apapun yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa orang bespekulasi Arobor del Tule ii terdiri dari banyak pohon karena ukurannya yang sangat besar. Tetapi penelitian yang dilakukan dengan melakukan tes DNA menunjukkan bahwa pohon Arobor del Tule ini hanya satu pohon dengan waktu hidup yang sudah sangat tua diperkirakan antara 1.200 hingga 3.000 tahun.
 

3.     The Major Oak ( Ek Raksasa )


POHON UNIK THE MAJOR OAK
source : 10mosttoday
                 Sebuah pohon Oak raksasa ditemukan di Nottinghamshire Inggris, teatnya di pusat hutan Sherwoor.  Berdasarkan cerita rakyat setempat, pohon Oak raksasa ini adalah tempat berlindung bagi Robin Hood dan kelompok penjahatnya . pada tahun 1790 Hayman Rooke memasukkan pohon ini kedalam bukunya yang terkenal tentang pohon Oak kuno Sherwood yang kemudian terkenal dengan nama “The Major’s Oak”.
 

                10 JENIS BUAH JERUK YANG TERKENAL DI INDONESIA

4.    The Tree of Life ( Pohon Kehidupan )


POHON UNIK tree of life
source : 10mosttoday
                Tumbuh di tengah gurun di pohon mesquite Bahrain. Dengan umur yang sudah tua sekitar 400 – 500 seakan sebuah mukzizat pohon ini dapat hidup digurun tandus dan luas, pohon imi adalah satu – satunya organism hujau yang hidup di daerah gurun ini dan memiliki akar panjang yang kemungkinan besar menemukan sumber air di bawah tanah. Diyakini oleh penduduk setempat bahwa tempat pohon itu berada adlah lokasi sebenarnya dari Taman Eden.
 
               Dengan keistimewaan dapat hidup di tengah gurun yang sangat luas tersebut orang meyebut pohon ini The Tree of Life atau Pohon kehidupan.
 

5.    Pohon Kapas


         Di Freetown, ibu kota Sierra Leone, terdapat pohon kapas terkenal karena simbol bersejarahnya. Menurut kisahnya pada masa lalu ini menjadi simbol signifikan oleh para budak. Sekelompok orang Afrika – Amerika yang memperoleh kebebasan mereka melalui pertempuran dengan Inggris pada saat perang kemerdekaan Amerika, di garis pantai dan bergerak kea rah pohon raksasa kemudian menyatakan rasa terima kasih mereka kepada Tuhan atas pembebasan menuju tanah bebas.
 

6.    The Lone Cypress


POHON UNIK Lone Cypress
source : 10mosttoday
            Pohon  The Lone Cypress merupakan pohon popular  yang merupakan pohon cemara Monterey di Pebble Beach, California. Pohon ini menjadi terkenal Karena Berdiri di atas bukit granit di 17-Mile Drive, pohon itu adalah ikon Barat, dan telah menjadi salah satu pohon yang paling banyak difoto di Amerika Utara.
 

7.    The Socotra Dragon Tree (Pohon Naga)


POHON UNIK SOCOTRA DRAGON
source : 10mosttoday
                 The Socotra Dragon Tree memiliki bentuk unik seperti payung terbalik dan nama pohon ini berasal dari resin berwarna merah tua yang dikenal sebagai “darah naga”. Dengan bentuknyaini memungkinkan pohon tersebut dapat bertahan hidup lebih baik pada kondisi kering. Mahkota besar dapat juga berfungsi sebagai naungan yang cukup mengurangi penguapan.
 

8.    The Cedars of God ( Pohon Cemara Tuhan )


POHON UNIK cedars of god
source : 10mosttoday
                 The Cedars of God adalah pohon cemara yang berada di peguungan Lebanon utara. Pohon – pohon ini terkenal karena disebutkan sebanyak 70 kali di dalam Alkitab. Resinnya digunakan oleh orang mesir kuno sebagai media mumifikasi dan pohon – pohonnya digunakan oleh Raja Solomon untuk membangun Kulil Pertama Yerusalem.
 

9.    The Boab Prison Tree (Pohon Penjara Boab)


POHON UNIK cedars boab prison
source : 10mosttoday
              The Boab Prison Tree merupakan pohon berlubang besar yang terletak di selatan Derby di Australia Barat.  Pohon ini dipercaya digunakan sebagai penjara bagi para tahanan Pribumi Australia pada tahun 1890 dalam perjalanan hokum mereka di Derby. Untuk melindungi dari aksi vandalisme maka dibagunlah pagar di sekitar pohon tersebut.
 

10.     The Avenue of the Baobabs


POHON UNIK avenue of the baobabs
source : 10mosttoday

              The Avenue of the Baobabs merupakan jajaran pohon – pohon besar yang berbaris di jalanan di antara Belsi’I Tsiribihina dan Morondava di Madagaskar Barat. Karena sangat unik dan menarik sehingga tempat ini menjadi tempat wisata bagi para pelancong di seluruh dunia, Pohon Baobab ini sebenarnya bukan berada di tempat jalanan tetapi terdapat di hutan tropis yang lebat. Tetapi, karena pertumbuhan populasi yang tinggi kemudian hutan tersebut ditebangi dan digantikan pertanian sehingga hanya menyisakan pohon Baobab yang popular seperti sekarang ini.


EmoticonEmoticon